Pembelajaran Partisipatif Harus dan Perlu: MEMANCING MULUT ANGKAT BICARA

Papan tulis di depan kelas itu penuh tempelan kertas warna-warni yang telah ditulisi spidol hitam. Maklum saat itu tiap peserta diwajibkan mencurahkan idenya, untuk menentukan seorang pemimpin yang ideal. Tapi kadang model pembelajaran tersebut baru sebagian kecil dilakukan. Bisakah setiap diklat melakukan pembelajaran partisipatif ?

Read Me Leave comment

MENJADI FASILITATOR MENYENANGKAN

Abstrak Dalam proses pembelajaran, seorang fasilitator diharapakan dalam menyusun sekenario dalam mencapai tujuan pembelajaran perlu memperhatikan suasana hati peserta diklat, yaitu suasana yang menyenangkan. Belajar terasa menyenangkan apabila kegiatan belajar dilakukan dengan sukarela,atas kesadaran dan kemauan sendiri, dan tanpa ada paksaan serta tekanan dari manapun juga datangnya.Fasilitator mempunyai peran yang sangat vital dalam upaya untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena fasilitator adalah sebagai seorang […]

Read Me Leave comment

FDS Era Baru Kehidupan KSM

Salah satu komitmen penting pemerintah Indonesia adalah menurunkan angka kemiskinan secara signifikan. Komitmen ini selaras dengan komitmen bangsa-bangsa di dunia melalui pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium yang dikenal dengan Millennium Development Goals atau MDGs tahun 2015. Dalam rangka itulah PKH sebagai suatu program yang pro poor harus memberi kontribusi yang tinggi dalam mencapai target-target MDGs.

Read Me Leave comment

MENGUBAH POLA PIKIR DONATUR LKSA

Menyantuni anak yatim piatu dan duafa diyakini masyarakat Indonesia sebagai perbuatan baik dan berpahala. Begitulah keyakinan sebagian besar masyarakat Indonesia yang religius.

Read Me Leave comment

PEMBELAJARAN YANG HEBAT

Abstrak   Pembelajaran yang hebat, merupakan suatu rangkaian interaktif edukatif antara peserta diklat dengan widyaiswara, dalam rangka mencapai tujuan atau kompetensi tertentu yang disertai dengan ciri-ciri ampuh, sangat tinggi mutunya, terampil, dan memberi pengaruh besar.¬†Untuk mewujudkan pembelajaran yang hebat di dalam kelas, faktor pertama dan utama yang perlu diberdayakan adalah kemampuan dan kapasitas widyaiswara sebagai seorang pengelola pembelajaran.¬†Dengan pembelajaran yang hebat dan dikomandoi oleh fasilitator […]

Read Me Leave comment